Loading...
Wednesday 12 March 2014

Keindahan Pantai Batu Layar

Batu layar  yang menurut legenda merupakan perwujudan dari sebuah  kapal yang ditumpangi oleh Putri Tandarun Cagang bersama suaminya seorang Belanda yang terdampar pesisir Pangandaran.Karena bentuknya yang menyerupai layar, masyarakat pangandaran menyebutnya Batu Layar. Batu Layar Tingginya kurang lebih 30 meter penopang bawahnya kira-kira 2,5 meter adalah tebing yang terbentuk karena abrasi air laut.

Pantai Batu Layar
Pict (panoramio.com)

Batu layar dan Citumang merupakan salah satu tempat wisata yang pengunjungnya jauh lebih sedikit apabila di bandingkan dengan kumpulan wisatawan yang menyemut di pantai barat Pangandaran. Kebesaran nama pantai Pangandaran dan cagar alam Pananjung sepertinya menutupi nama Batu Layar yang berada di sebelah timur cagar alam Pananjung, begitu pula nama Green Canyon atau Cukang Taneuh yang sangat fenomenal seperti menenggelamkan nama Citumang yang menurut saya lebih seru kalau buat main air. 

Keindahan bawah laut di Batu Layar tidak sebagus tempat2 seperti Samalona,Belitung apalagi Derawan tetapi cukup untuk melepas rindu buat berenang di laut. Tidak banyak wisatawan yang mengunjungi Batu Layar ini padahal secara keindahan alam di atasnya cukuplah bagus.

Batu layar yang merupakan maskot ketika kita berwisata bahari di Pantai timur Pangandaran serta mengunjungi karang buaya serta wisata taman laut, kini semakin eksotis, masih tegar berdiri dengan bentuk persis menyerupai layar sebuah perahu dan dengan benturan ombak pantai teluk pantai timur Pangandaran yang pecah di pinggiran batu karangnya menambah eksotisnya batu layar tersebut.

Hingga sekarang Batu Layar masih kokoh berdidiri di atas koral-koral karang di ujung cagar alam pantai timur Pangandaran. Batu Layar dapat di tempuh melalui pantai timur selama 15 menit, dari pantai barat kurang lebih 20 menit. 


Referensi:
blog.maleber.net
mypangandaran.com
mypangandaran.com

4 komentar:

  1. Wow keren sayang photo photonya kurang, ini kayak batu payung yang ada di pulau lombok. Coba check di blog saya keren juga tempatnya http://7og4nk.blogspot.com/ (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan...lain kali potonya ane banyakin,, :D
      blog anda juga keren tuh gan,, :)

      Delete
  2. Keindahan pantai-pantai di Indonesia itu selalu menggoda

    ReplyDelete

Uniknya Nusantara Indonesia

My Photo

Sebuah Blog sederhana untuk Mengenalkan dan Menampilkan Keunikan Nusantara Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke
 
Klik This >
TOP